TeraSpa

29
Agustus
2015
TerasKreasi.com
TerasKreasi.com

Tips dan Cara Meningkatkan Daya Tahan Baterai Windows 10

  • Administrator
  • 540 views
  • Comments

TerasKreasi.com ,Belum lama ini Microsoft resmi meluncurkan sistem operasi terbarunya yaitu Windows 10. Banyak peningkatan dan perubahan yang dibawa oleh Windows 10, namun apakah salah satu dari kita mengalami masalah terhadap baterai notebook setelah meng-upgrade ke Windows 10? Berikut ada sedikit tips yang mungkin dapat membantu untuk meningefisienkan penggunaan baterai pada Windows 10.

Peranan software sangatlah penting dalam efisiensi penggunaan baterai pada sebuah perangkat. Terlebih lagi perangkat seperti notebook yang memiliki hardware mumpuni, sehingga energi yang dibutuhkan tidak sedikit. Disinilah peran software dalam memanajemen penggunaan daya baterai yang dibutuhkan hardware. Windows 10 sendiri telah memperkenalkan beberapa fitur untuk mengefisiensi penggunaan baterai agar lebih irit.

Berikut beberapa tips untuk menghemat baterai pada Windows 10.

Battery Saver

Battery Saver merupakan fitur baru yang hadir dalam sistem operasi Windows 10 yang dapat membantu Anda untuk menghemat penggunaan daya pada perangkat notebook. Anda dapat menggunakn fitur baru ini dengan cara masuk ke Settings > System > Battery Saver dan anda akan melihat tingkat penggunaan baterai pada perangkat Anda.



Jika Anda memilih membuka ‘Battery Use’ nantinya akan muncul rincian tentang komponen apa saja yang menggunakan daya tinggi. Di bagian ini Anda dapat mengatur dan membatasi layanan apa saja sesuai keinginan.

Pilih link Change background app settings dan Anda dapat mengatur aplikasi yang sedang berjalan dilatar belakang. Anda dapat menonaktifkan aplikasi-aplikasi yang berjalan tersebut dengan menggeser panel ke mode ‘Off” pada setiap aplikasi. Aplikasi yang berjalan pada latar belakang tersebut dapat menguras daya baterai Anda karena pada saat tidak digunakan, Aplikasi tersebut tetap aktif memberi notifikasi atau mengupdate informasi dan lain sebagainya.




Selanjutnya pilih Change Battery saver settings, di pengaturan ini Anda dapat memilih kapan penghemat daya akan otomatis diaktifkan, biasanya setingan bawaannya pada tingkat 20% tapi Anda dapat mengatur tingkatan ini sesuai kebutuhan Anda. Beri ceklis pada Lower screen brightness while in battery saver dan jangan beri ceklis pada Allow push notification. Anda juga dapat menambakan aplikasi mana saja yang ingin selalu berjalan di latar belakang dengan pilihan “Add an app”.



Windows 10 Power & Sleep

Selanjutnya pilihan yang berada dibawah battery saver, yaitu Power & Sleep fitur lain yang juga untuk menghemat penggunaan baterai pada notebook.



Anda dapat mengatur konfigurasi saat layar notebook Anda mati dan dalam keadaan tidur atau sleep, ketika sedang menggunakan baterai. Anda dapat mengoprek pengaturan ini sesuai prefensi Anda masing-masing.

Untuk pengaturan Power option Anda dapat memilih link Additional power setting yang akan membawa ke pengaturan baterai yang pengaturannya sama dengan pengaturan baterai pada Windows versi sebelumnya. Pada bagian pengaturan ini mungkin Anda sudah terbiasa mengaturnya.



Lalu berikut ini tips sederhana untuk mengoptimalkan baterai notebook pada Windows 10:

- Yang pertama adalah, atur tingkat kecerahan layar. Pastikan Anda telah mengatur tingkat kecerahan layar notebook saat menggunakan baterai pada pengaturan Battery Saver dan Power & Sleep.

- Matikan layanan komunikasi, Anda dapat menambah tingkat ketahanan baterai Anda dengan mematikan semua layanan komunikasi seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan lain-lain. Anda dapat mematikan semua layanan komunikasi dengan mengaktifkan Airplane Mode / Mode Pesawat pada toggle yang keluar saat mengklik icon notifikasi.




- Jangan gunakan aplikasi berat seperti bermain game, mengedit dengan Photoshop, atau menonton film dengan tingkat rendering yang tinggi. Anda dapat menjalankan program-program berat saat menghubungkan perangkat notebook Anda dengan charger.

- Gunakan warna gelap untuk tampilan perangkat Anda, tips ini selalu disarankan untuk menghemat baterai. Karena pada dasarnya ketika layar menampilkan warna-warna cerah seperti putih, merah, dan lainnya, tinggkat penggunaan dayanya meningkat ketimbang jika menggunakan wallpaper warna hitam. Anda dapat menggunakan tema berwarna hitam dan wallpaper yang berwarna gelap.



Hemat atau tidaknya baterai pada sebuah perangkat memang memiliki banyak faktor lain, mungkin itu kualitas baterai yang sudah menurun atau memang pengguna terlalu sering menggunakan program berat yang pastinya membutuhkan banyak daya.

Gunakan fitur Battery Saver dan Power & Sleep yang dikombinasikan dengan tips sederhana diatas. Tips diatas mungkin akan membantu meningkatkan daya tahan baterai perangkat Windows 10 Anda saat tidak terhubung ke pengisi daya. Sekian tips untuk menghemat daya baterai pada perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows 10, semoga dapat bermanfaat bagi Anda.


COMMENTS